Background

CARA MEMBUAT GELANG/KALUNG EMAS

Dari emas batangan kemudian diproses dengan cara digiling sesuai berat dan ukuran selanjutnya dilakukan pengerutan dalam lubang dengan bentuk yang diinginkan. Kemudian dililit menyerupai spiral, selanjutnya dipotong-potong dan disambungkan dengan mematri potongan-potongan tersebut menjadi sebuah kalung dengan motif rantai., demikian juga untuk gelang. Dari proses di atas diteruskan pada proses penyepuhan Proses Penyepuhan
Cairan yang digunakan untuk penyepuhan atau pencucian adalah campuran dari beberapa jenis bahan, sering disebut cairan swapel antara lain:
1) Tawas 50 gram
2) Sendawa 100 gram
3) Garam 60 gram
Bahan-bahan diatas kemudian dilarutkan dalam air hingga membentuk larutan. Adapun prosesnya sebagai berikut, barang jadi berupa kalung, cincin ataupun gelang dibakar dengan suhu tertentu menggunakan pompa bensin seperti pada gambar terlampir, kemudian dicelupkan pada cairan swapel, setelah itu dicuci dengan air bersih kemudian disikat lalu dicelupkan lagi dengan cairan swapel dan dimasak dengan air sampai warnanya kecoklatan kemudian didinginkan. Setelah dingin dikilaukan dengan sengki, semacam kikir yang sangat halus. Kemudian perhiasan emas siap dipasarkan.
Wilayah pemasaran sebagian besar di Gresik sendiri, Surabaya dan lamongan dalam skala kecil. Kekurangan dari home industri di Giri Gresik adalah dalam hal managerial yang tidak terorganisir, produksi hanya didasarkan pesanan dan tidak adanya usaha untuk mengembangkan usaha dalam skala yang lebih besar.

Categories: Share